9 Manfaat Seng bagi Tubuh

Seng (Zinc) sering disebut sebagai elemen penting karena Agar tubuh tetap sehat Anda membutuhkan jumlah seng yang harus normal. Kekurangan seng dapat mengakibatkan konsekuensi kesehatan yang serius seperti stunting (masalah gizi kronis), diare akut pada anak-anak, dan penyembuhan luka yang buruk. Jumlah asupan zinc yang cukup menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kekurangan zinc dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu. Mereka yang kekurangan seng lebih rentan terhadap berbagai penyakit dan infeksi. Untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, pastikan Anda memiliki cukup seng dalam diet Anda.

2. Mencegah dan mengobati diare kronis pada anak-anak

Diare kronis dapat membunuh jutaan anak di bawah 5 tahun dalam setiap tahun. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen seng selama 10 hari dapat membantu mengobati diare dan mencegah kekambuhannya.

3. Meningkatkan kemampuan ingatan dan belajar

Penelitian menunjukkan bahwa seng sangat berkontribusi pada komunikasi antar neuron. Ini juga diyakini berdampak pada cara mengingat dan bagaimana orang belajar.

4. Mengatasi masuk angin

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi suplemen seng efektif dalam mengurangi durasi masuk angin hingga 40%. Seng (baik dalam bentuk pelega tenggorokan atau sirup) dapat membantu memperpendek durasi dan meredakan gejala masuk angin jika diminum dalam 24 jam setelah mengalami masuk angin.

5. Membantu proses penyembuhan luka

Sifat dan struktur kulit seseorang bergantung pada asupan seng mereka. Mereka yang memiliki luka kronis atau bisul sering ditemukan kekurangan seng. Perawatan topikal untuk ruam popok dan iritasi kulit lainnya biasanya mengandung seng untuk alasan ini.

6. Mencegah degenerasi makula terkait usia

Menurut sebuah penelitian di Archives of Ophthalmology, zinc mungkin dapat memperlambat degenerasi makula dan gangguan penglihatan terkait usia karena kemampuannya bekerja melawan kerusakan sel di retina. Namun, seng tampaknya tidak efektif pada orang dengan kehilangan penglihatan tahap awal terkait usia.

7. Meningkatkan kualitas sperma

Kekurangan seng dikaitkan dengan rendahnya kualitas sperma. Dalam sebuah studi, subjek pria mengalami peningkatan jumlah sperma setelah mengonsumsi suplemen seng sulfat dan asam folat. Para peneliti juga menunjukan hubungan antara kukurangan asupan zinc dan peningkatan risiko kualitas sperma rendah dan infertilitas pria.

8. Kurangi jerawat

Orang dengan jerawat dilaporkan memiliki tingkat seng yang lebih rendah dalam darah dan kulit mereka. Asupan seng tampaknya dapat mengatasi jerawat. Namun, bukti menunjukkan bahwa penggunaan zinc secara topikal tidak efektif tanpa minum antibiotik.

9. Tingkatkan depresi

Mereka yang mengalami depresi berat dan tidak menanggapi antidepresan dapat mengambil manfaat dari seng dalam kombinasi dengan obat mereka saat ini.

Itulah manfaat seng atau zinc yang sangat penting untuk tubuh.

baca juga:

Cara pemesanan qnc jelly gamat

Manfaat daun karet kebo untuk stroke

posted by: jellygamatqncindonesia.web.id

9 Manfaat Seng bagi Tubuh

Categories: kesehatan

Admin

jellygamatqncindonesia.web.id adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif qnc jelly gamat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *