Manfaat Beras Merah Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Beras merah tidak hanya sebagai menu yang sangat penting untuk diet harian, tetapi juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Manfaat beras merah dapat memabantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, sembelit, dan osteoporosis.

Beras merah memiliki bentuk yang sedikit lebih tipis dari nasi putih. Beras merah ini adalah sumber protein dan serat yang baik. Selain itu, beras merah juga mengandung magnesium, mangan, fosfor, kalsium, selenium dan potasium, zat besi dan seng serta vitamin B1, B2, B3, B6, E dan K.

Manfaat beras merah bagi Kesehatan

1. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Beras merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kardiovaskular. Terutama kandungan serat pada beras merah yang dapat membantu mengurangi risiko arteri perifer.

Menurut sebuah studi dalam Journal of American Heart (2005 American Heart Journal) menunjukkan, serat pada sereal dan produk biji-bijian mengurangi risiko aterosklerotik koroner wanita pascamenopause dengan penyakit arteri koroner.

Studi lain pada tahun 2014 dalam International Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa beras merah mengurangi penanda inflamasi dan risiko kardiovaskular untuk wanita yang kelebihan berat badan, kegemukan dan penyakit kardiovaskular.

Dalam sebuah penelitian dalam Journal of Food Science and Nutrition pada tahun 2016, para ilmuwan menyimpulkan bahwa biji-bijian, termasuk beras merah, memberikan senyawa fenolik, yang membantu mencegah Penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker.

2. Mengurangi kolesterol jahat

Beras merah merupakan sumber serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Selain itu, kandungan minyak pada beras merah juga mengurangi kolesterol LDL.

Sebuah studi tahun 2005 dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minyak dedak padi yang baru memiliki peran dalam menurunkan kolesterol.

Sebuah studi 2014 di British Journal of Medicine menemukan bahwa resistensi insulin, kolesterol total dan kolesterol LDL dalam tubuh menurun setelah penggunaan beras merah. Selain itu, diet kaya biji-bijian seperti beras merah dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh.

3. Mengurangi risiko diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik rendah dan dapat dicerna secara perlahan sehingga menyebabkan sedikit perubahan dalam gula darah. Ini membantu menghindari hiperglikemia.

Sebuah studi tahun 2006 dalam International Journal of Food Science and Nutrition mengungkapkan bahwa total gula yang dilepaskan dari beras merah mencapai 23,7% lebih rendah dari beras putih. Beras merah mengandung lebih banyak asam fitat, polifenol, serat dan minyak, sehingga ada banyak manfaat untuk pasien diabetes dan hiperglikemia dibandingkan dengan nasi putih.

Studi lain yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine pada 2010 menemukan bahwa penggunaan biji-bijian seperti beras merah bukan nasi putih dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Tipe 2 harus menambah karbohidrat dari beras merah, bukan nasi putih.

4. Mencegah kanker

Mengonsumsi beras merah dapat membantu mencegah banyak kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara dan leukemia. Manfaat ini karena beras merah mengandung kadar antioksidan dan serat yang tinggi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, 2000, menemukan bahwa beras merah mengandung senyawa yang memiliki sifat anti kanker. Jadi makan nasi merah daripada nasi putih akan membantu mencegah kanker lebih baik.

Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition juga menemukan bahwa biji-bijian dan sayuran adalah sumber makanan yang paling penting untuk payudara dan kanker lainnya. faktor lainnya.

5. Untuk berat badan

Makan nasi merah dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang seimbang karena serat dalam beras merah membuat Anda merasa cepat kenyang sehingga Anda akan cenderung tidak mengemil makanan yang tidak sehat.

Beras merah meningkatkan penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, beras merah mengandung mangan yang membantu mendukung sintesis lemak tubuh.

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition Research 2008 juga mengakui efek beras coklat pada kontrol berat badan dan meningkatkan aktivitas enzim oksidatif pada wanita gemuk.

6. Untuk sistem kekebalan tubuh

Beras merah mengandung sejumlah besar vitamin, mineral dan komponen fenolik yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang sehat membantu mempercepat pemulihan dan kemampuan untuk melawan infeksi. Selain itu, sifat antioksidan beras merah juga mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga mencegah penyakit dan penuaan dini.

Sebuah studi dalam Journal of American Dietetic Association tahun 2010 menunjukkan bahwa orang berusia 19-50 tahun makan sekitar 70g beras merah dan orang di atas usia 51 tahun makan sekitar 87g beras merah setiap hari dengan diet sehat, kaya serat, serat dan asam lemak tak jenuh ganda menunjukkan bahwa penyerapan mikronutrien (selain vitamin B12 dan natrium) pada orang yang makan nasi merah lebih tinggi.

7. Untuk tulang

Beras merah mengandung banyak magnesium (226 gram beras merah memenuhi kebutuhan 21% magnesium harian) untuk membantu menguatkan tulang.

Magnesium adalah nutrisi yang sangat penting selain kalsium dan vitamin D untuk menjaga tulang Anda tetap sehat. Selain itu, magnesium juga penting untuk metabolisme vitamin D menjadi bentuk aktif yang menyerap kalsium, mendorong pembentukan tulang, dan mencegah demineralisasi tulang. Kekurangan magnesium berhubungan dengan kepadatan tulang yang rendah dan dapat menyebabkan arthritis dan osteoporosis.

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition pada 2013 menemukan bahwa mengoptimalkan jumlah magnesium dapat menjadi cara yang efektif untuk mencegah osteoporosis pada orang dengan defisiensi magnesium.

8. Untuk usus

Beras merah mengandung serat tak larut yang membantu pencernaan. Serat ini membantu meringankan buang air besar, membantu mengurangi konstipasi, serta wasir.

Beras merah juga mengandung sejumlah besar mangan, yang membantu mendukung pencernaan lemak dan diet bebas gluten karena beras merah bebas gluten.

Ketika makan nasi merah yang kaya serat, Anda harus minum banyak air untuk membantu serat mempromosikan dukungan pencernaan.

9. Manfaat beras merah untuk sistem saraf

Beras merah mengandung banyak mineral penting dalam sistem saraf seperti:

• Mangan: Membantu membentuk asam lemak esensial dan hormon untuk sistem saraf. Selain itu, mangan juga membantu menyeimbangkan aktivitas kalsium dalam tubuh, mengatur aktivitas sistem saraf dan mencegah kontraksi otot.

• Vitamin B: Membantu otak dan fungsi sistem saraf dengan baik melalui peningkatan metabolisme di otak.

• Kalium dan kalsium: memainkan peran penting dalam sel-sel saraf yang sehat dan sel-sel otot.

• Vitamin E: Mencegah penyakit saraf tertentu yang disebabkan oleh kerusakan oksidatif.

10. Bagus untuk anak-anak

Beras merah adalah sumber nutrisi dan serat alami, sehingga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk perkembangan bayi Anda. Tidak hanya itu, beras merah yang kaya akan serat meningkatkan kemampuan usus dan mencegah sembelit pada bayi baru lahir. Beras merah juga jarang menimbulkan alergi. Anda dapat dengan aman menggiling beras merah untuk memasak bubur untuk bayi berusia lebih dari 6 bulan.

Manfaat beras merah tidak hanya memberikan nutrisi bagi tubuh tetapi juga mencegah penyakit berbahaya seperti kanker atau osteoporosis. Coba tambahkan ke menu harian nasi merah untuk mengubah selera dan kesehatan Anda.

baca juga:

QnC Jelly Gamat

Cara membeli qnc jelly gamat

Kekurangan Seng dapat Mempengaruhi Kemampuan Wanita untuk Hamil

posted by: jellygamatqncindonesia.web.id

Manfaat Beras Merah Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Categories: kesehatan

Admin

jellygamatqncindonesia.web.id adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif qnc jelly gamat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *