Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Jahe berasal dari daerah yang lebih hangat di Asia, termasuk Cina, Jepang, dan India. Karena berbagai manfaat kesehatannya, jahe kini banyak dibudidayakan di beberapa belahan dunia seperti Amerika Selatan,  Afrika, dan Timur tengah.

Jahe mengandung nutrisi dan senyawa bioaktif yang memiliki manfaat besar bagi tubuh. Jika anda penasaran dengan apa saja manfaat jahe, berikut adalah informasinya:

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Meredakan nyeri haid

Manfaat ini mungkin sudah banyak yang tahu. Jahe dapat menjadi solusi untuk masalah nyeri haid.

Menurut beberapa studi, 1500 mg jahe dapat mengurangi nyeri haid dengan mengambil 3 dosis terpisah setiap hari selama 3 hari pertama dari siklus menstruasi. 62% wanita mengalami pengurangan rasa nyeri haid yang sangat besar setelah diberikan 250 mg ekstrak jahe tertentu {Zintoma dan Goldaru) empat kali sehari selama 3 hari pertama menstruasi mereka. Jahe tampaknya bekerja seefektif ibuprofen atau asam mefenamat.

Mengenai manfaat pereda nyeri, jahe terbukti dapat meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh aktivitas fisik sebesar 25%.

Mengatasi mual dan muntah

Mual dan muntah yang disebabkan oleh obat HIV / AIDS dapat dikurangi dengan mengonsumsi jahe setiap hari.

Penelitian menemukan bahwa dosis harian jahe yang diambil 30 menit sebelum pengobatan antiviral selama 14 hari sangat mengurangi risiko mual dan muntah seseorang.

Jahe juga berfungsi untuk mual dan muntah pasca operasi. Banyak orang yang melaporkan mengalami mual dan muntah ringan selama periode 24 jam setelah operasi, jadi mereka bisa mengambil 1 – 1,5gr jahe 1 jam sebelum prosedur.

Wanita hamil dengan morning sickness juga mendapat manfaat dari jahe. Ini dianggap aman bagi wanita hamil untuk mengambil jahe dalam bentuk pelega tenggorokan atau permen.

Namun, agar lebih aman, selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil segala jenis suplemen atau obat selama kehamilan Anda. Selain itu, senyawa fenolik dalam jahe diyakini efektif dalam mengurangi iritasi gastrointestinal, merangsang produksi air liur dan empedu.

Mengatasi mabuk laut

Meskipun studi tidak menemukan bukti ilmiah untuk mendukung keefektifan jahe dalam mencegah mabuk perjalanan dan mabuk laut, banyak orang percaya bahwa mereka merasa lebih baik jika mereka mengambil jahe sebelum bepergian.

Namun, satu studi menunjukkan bahwa jahe dapat bekerja lebih baik daripada dimenhydrinate – obat yang biasa digunakan untuk meredakan sakit perut yang terkait dengan penyakit gerakan.

Apakah ada efek sampingnya?

Umumnya, dosis yang tepat sangat aman bagi kebanyakan orang. Namun, dalam beberapa kasus, mungkin saja ada efek samping ringan seperti sakit maag, diare, dan ketidaknyamanan di perut. Beberapa wanita mungkin mengalami pendarahan menstruasi yang lebih berat.

Penggunaan jahe secara topikal juga dianggap aman jika dilakukan dengan tepat dan jangka pendek.

Bagi mereka yang sedang hamil atau menyusui, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu untuk mempertimbangkan manfaatnya terhadap risiko yang mungkin terjadi.

Jahe dapat meningkatkan risiko perdarahan pada orang dengan gangguan perdarahan dan memperburuk beberapa kondisi jantung.

Jika Anda menderita diabetes, Anda perlu berbicara dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi jahe karena dapat memengaruhi kadar insulin dan kadar gula darah Anda; sehingga membutuhkan penyesuaian dalam obat-obatan.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Categories: kesehatan

Admin

jellygamatqncindonesia.web.id adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif qnc jelly gamat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *