Pengaruh Rokok Terhadap Kesehatan Tubuh

Merokok dapat merusak kesehatan karena efeknya bisa mempengaruhi hampir setiap organ tubuh. Menurut WHO, rokok membunuh hingga setengah dari penggunanya yang kira-kira 6 juta orang setiap tahun. Lebih dari 5 juta dari kematian tersebut adalah pengguna rokok sementara sekitar 600.000 adalah mereka non-perokok yang terpapar asap rokok.

Bagaimana rokok mempengaruhi kesehatan tubuh?

1. Sirkulasi darah

Ketika Anda merokok, Anda membiarkan racun dari asap rokok masuk ke aliran darah Anda. Racun akan memaksa jantung bekerja lebih keras dari biasanya, mempersempit arteri, mengganggu aliran darah, dan meningkatkan risiko pembekuan darah. Sehingga akibat dari hal tersebut, risiko penyakit jantung dan stroke semakin meningkat.

2. Jantung

Rokok dapat merusak jantung dengan mengganggu sirkulasi darah, sehingga meningkatkan risiko berbagai kondisi seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, stroke, kerusakan pembuluh darah, dan penyakit serebrovaskular (penyakit pembuluh darah di otak).

Karbon monoksida dan nikotin membuat jantung Anda bekerja lebih cepat serta meningkatkan kemungkinan pembentukan pembekuan darah. Selain itu, bahan kimia lain dalam asap rokok juga merusak lapisan arteri koroner Anda.

Dibandingkan dengan orang lain, perokok memiliki risiko dua kali lipat terkena serangan jantung dan meninggal karena penyakit jantung koroner dibandingkan orang yang tidak pernah merokok.

3. Perut

Perokok memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena kanker perut. Merokok membuat otot yang berada di ujung bawah tenggorokan (esofagus) menjadi lebih lemah dan menyebabkan refluks / GERD (asam lambung kronis).

Selain itu, merokok juga terbukti menjadi faktor risiko untuk mengembangkan kanker ginjal. Semakin banyak Anda menggunakan rokok, maka semakin besar risikonya. 10 batang rokok setiap hari meningkatkan risiko kanker ginjal hingga satu setengah kali dibandingkan dengan bukan perokok. Sehingga risikonya berlipat ganda jika Anda merokok 20 batang atau lebih dalam sehari.

4. Kulit

Ketika Anda merokok, jumlah oksigen yang masuk ke kulit Anda akan berkurang. Karena proses itu, penuaan kulit Anda akan lebih cepat dan membuat kulit tampak abu-abu atau kusam. Racun di tubuh Anda juga menyebabkan selulit (suatu kondisi yang memengaruhi penampilan kulit di area dengan timbunan lemak, yang membuat kulit tampak berlesung dan bergelombang).

Merokok mempercepat proses penuaan kulit dan menyebabkan kerutan wajah tiga kali lebih cepat dari usia yang tidak seharusnya. Bahkan merokok juga menyebabkan kulit anda terlihat pucat, kuning keabu-abuan, dan pipi cekung, yang membuat Anda terlihat kurus.

5. Tulang

Merokok dapat membuat tulang rapuh, sehingga mudah patah. Wanita perokok sebaiknya harus sangat berhati-hati karena mereka lebih berisiko menderita tulang rapuh (osteoporosis) daripada non-perokok.

6. Otak

Aneurisma otak mungkin terjadi jika anda sering merokok. Aneurisma otak adalah tonjolan di pembuluh darah akibat dari melemahnya dinding pembuluh darah. Tonjolan dapat pecah dan menyebabkan stroke, yang dapat menyebabkan kerusakan otak hingga kematian.

7. Paru-paru

Menghisap rokok dapat mempengaruhi paru-paru anda. Awalnya, anda mungkin akan batuk, pilek, mengi dan asma. Jika terus-terusan terjadi, ini akan menyebabkan kondisi serius seperti pneumonia, emfisema dan kanker paru-paru. Selain itu, merokok juga menyebabkan 84% kematian akibat kanker paru dan 83% kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). baca juga: Kebiasaan yang dapat menyebabkan kanker payudara

8. Mulut dan tenggorokan

Rokok dapat menyebabkan bau mulut, gigi kotor dan menyebabkan penyakit gusi. Selain itu, rokok juga bisa mempengaruhi indera perasa anda (lidah).

Efek paling parah pada mulut dan tenggorokan akibat merokok adalah peningkatan risiko kanker bibir, lidah, tenggorokan, laring, dan kerongkongan (esofagus). Lebih dari 93% kanker oropharyngeal (kanker di bagian tenggorokan) berhubungan dengan merokok.

9. Reproduksi dan kesuburan

Menghisap rokok bertanggung jawab atas impotensi pria. Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, rokok dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang memasok darah ke penis. Merokok juga mengurangi jumlah sperma dan menyebabkan kanker testis.

Bagi wanita, merokok dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko kanker serviks. Wanita hamil yang merokok harus menghadapi kemungkinan keguguran, kelahiran prematur, kelahiran meninggal dan penyakit. Selain itu, merokok selama kehamilan juga meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak paling sedikit 25%.

Kabar baiknya adalah begitu Anda berhenti merokok, kesehatan Anda membaik dan tubuh Anda akan mulai pulih. Sementara perkembangan COPD yang ireversibel dapat melambat, faktor risiko dari banyak kondisi berbahaya sangat berkurang, bahkan setelah satu tahun tidak merokok.

Jika anda ingin menghilangkan dampak buruk rokok, segera tingkatkan daya tahan tubuh anda dengan mencoba mengonsumsi qnc jelly gamat. qnc jelly gamat adalah produk herbal yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan tubuh. Produk herbal ini sangat cocok untuk anda yang pensiun merokok. baca selengkapnya disini: QnC Jelly Gamat

baca juga:

Cara pemesanan qnc jelly gamat

Manfaat daun sidaguri untuk tumor

Pengaruh Rokok Terhadap Kesehatan Tubuh

Categories: kesehatan

Admin

jellygamatqncindonesia.web.id adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif qnc jelly gamat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *