Penyakit Paling Umum yang Disebabkan Oleh Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk tidak hanya gatal dan menyebalkan, tetapi mereka juga bisa mengancam jiwa. Hanya gigitan kecil seekor nyamuk dapat memberi Anda virus yang dapat membuat Anda mengalami kondisi serius.

Untuk melindungi diri Anda dan keluarga Anda, berikut adalah informasi tentang penyakit akibat gigitan nyamuk yang paling umum dan bagaimana cara menghindarinya.

1. Virus Zika

Virus Zika pertama kali ditemukan di Afrika pada 1940-an. Sejak saat itu, virus telah menyebar ke Amerika Selatan dan Tengah, Meksiko, Karibia, Asia Tenggara, dan Kepulauan Pasifik.

Orang sering tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi oleh Zika, karena gejala infeksi Zika ringan dan biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu.

Gejala umum termasuk nyeri pada persendian dan otot, demam, mata merah, dan terkadang ruam. Adapun Zika telah terikat pada kondisi serius seperti sindrom Guillain-Barre dan mikrosefali.

Guillain-Barre adalah gangguan sistem saraf. Ini menyebabkan kelemahan dan kelumpuhan, tetapi ini hanya sementara dan kebanyakan orang akhirnya sembuh.

Sementara Microcephaly adalah cacat lahir yang menyebabkan bayi dilahirkan dengan kepala abnormal kecil dan terbelakang. Bayi dengan mikrosefali sering menderita keterlambatan perkembangan intelektual dan masalah kesehatan lainnya. Zika diyakini menyebabkan mikrosefali pada bayi perempuan yang terinfeksi selama kehamilan.

Karena tidak ada vaksin melawan virus Zika, CDC merekomendasikan hal berikut:

  • Wanita hamil harus menghindari area yang sudah tercemar virus Zika.
  • Mereka yang akan bepergian harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan mengambil tindakan untuk menghindari gigitan nyamuk.
  • Perempuan dan laki-laki yang mencoba untuk hamil harus melakukan hal yang sama – yaitu menghindari daerah dengan virus Zika dan mengikuti langkah-langkah untuk menghindari gigitan nyamuk jika perjalanan tidak dapat dihindari.
  • Karena Zika dapat menyebar melalui kontak seksual, mereka yang tinggal atau bepergian ke daerah dengan Zika dan pasangannya yang hamil harus menggunakan kondom atau menjauhkan diri dari seks selama kehamilan.

2. Chikungunya

Virus Chikungunya dulunya asli Karibia dan Amerika Selatan. Namun, sekarang, virus ini sering ditemukan di AS dan beberapa negara lainnya seperti Afrika, Asia, Eropa dan daerah di Samudra Hindia dan Pasifik.

Infeksi Chikungunya menyebabkan nyeri sendi yang parah yang berlangsung selama berminggu-minggu. Gejala lain mungkin termasuk sakit kepala, nyeri otot, dan ruam.

Mereka yang terinfeksi membutuhkan banyak istirahat dan cairan. Obat untuk nyeri dapat diresepkan. Seringkali, infeksi chikungunya tidak fatal. Sejak 2013, chikungunya telah menyebar ke 45 negara dan sekitar 2 juta kasus telah dilaporkan.

3. Demam berdarah

Demam berdarah menyebabkan demam tinggi mendadak dan pendarahan kecil dari hidung atau gusi.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memerangi demam berdarah adalah beristirahat dan mengelola gejalanya.

Beberapa orang mungkin mengalami demam hemoragik. Ini adalah kondisi di mana pembuluh darah kecil seseorang bocor dan cairan menumpuk di perut dan paru-paru mereka. Demam berdarah dengue harus membutuhkan perhatian medis dengan segera.

Dengue dapat disebabkan oleh salah satu dari empat kelompok virus dengue (virus dengue 1, 2, 3, atau 4). Jadi, seseorang mungkin terinfeksi Dengue hingga 4 kali. Infeksi Dengue adalah penyebab utama penyakit dan kematian di negara-negara tropis dan subtropis. Gejala demam berdarah bisa cepat dari ringan hingga parah. Sangat penting untuk mendeteksi ketika gejala semakin memburuk dan mencari pengobatan dini.

baca juga:

Cara pesan qnc jelly gamat

Cara mengobati timbilen di mata

posted by: jellygamatqncindonesia.web.id

Penyakit Paling Umum yang Disebabkan Oleh Gigitan Nyamuk

Categories: kesehatan

Admin

jellygamatqncindonesia.web.id adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif qnc jelly gamat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *