Ketika otot diafragma Anda berkontraksi tiba-tiba dan tanpa sadar, itu berati Anda mengalami cegukan. Selama cegukan, pita suara Anda menutup dan menghasilkan bunyi “hic”.

Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Apa yang menyebabkan cegukan?

Penyebab umum cegukan meliputi:

  • Minuman bersoda
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Makan berlebihan
  • Emosi
  • Perubahan suhu tiba-tiba
  • Menelan udara sambil mengunyah permen karet atau mengisap permen

Cegukan yang berlangsung selama lebih dari 2 hari dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih parah, seperti:

Saraf rusak atau teriritasi

Kerusakan atau iritasi pada saraf yang berhubungan dengan otot diafragma dapat menyebabkan cegukan jangka panjang. Kerusakan bisa terjadi akibat benda asing menyentuh gendang telinga Anda, tumor, kista, atau kelenjar tiroid yang meradang, refluks asam, sakit tenggorokan, atau radang tenggorokan.

Gangguan pada sistem saraf pusat

Tumor atau infeksi yang berkembang dalam sistem saraf atau kerusakan saraf yang disebabkan oleh trauma (seperti encephalitis, meningitis, multiple sclerosis, stroke, dll.) Dapat menyebabkan hilangnya kontrol atas refleks cegukan.

Gangguan metabolisme dan obat-obatan

Cegukan kronis dapat dipicu oleh alkoholisme, anestesi, barbiturat, diabetes, ketidakseimbangan elektrolit, penyakit ginjal, steroid, dan obat penenang.

Kapan mencari perhatian medis?

Meskipun cegukan bukan keadaan darurat medis, Anda harus menemui dokter jika cegukan Anda berlangsung lebih dari 3 jam atau jika mengganggu tidur dan menyebabkan Anda muntah. Juga, jika cegukan disertai dengan sakit perut, demam, sesak napas, muntah berdarah, dan perasaan menutup tenggorokan, Anda harus mencari bantuan sesegera mungkin.

Bagaimana cegukan didiagnosis?

Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Jika mereka berpikir cegukan Anda mungkin disebabkan oleh masalah medis yang mendasarinya, Anda mungkin memerlukan lebih banyak tes laboratorium.

Perawatan medis untuk cegukan

Cegukan parah dan persisten membutuhkan perawatan medis. Dokter Anda mungkin akan meresepkan Anda dengan Chlorpromazine (Thorazine) terlebih dahulu. Baclofen (Lioresal) dan obat kejang seperti phenytoin (Dilantin) juga efektif. Dalam beberapa kasus, operasi mungkin diperlukan. Anda mungkin memerlukan anestesi untuk memblokir saraf frenikus dan stimulator elektronik yang ditanam secara bedah ke saraf vagus. Jika hal diatas tidak ada yang bekerja, dokter Anda kemungkinan akan merekomendasikan operasi untuk menonaktifkan saraf frenikus.

Perawatan cegukan di rumah

Jika cegukan Anda tidak disebabkan oleh kondisi kesehatan, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan di rumah untuk mencari bantuan:

  • Bernafaslah ke dalam kantong kertas
  • Berkumurlah dengan air dingin
  • Tahan nafasmu beberapa saat
  • Minum air dingin secara perlahan-lahan
  • Minta seseorang mengejutkanmu
  • Tarik lidahmu

Selain itu, mungkin menghindari minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung gas serta makan makanan dengan porsi kecil tapi sering juga akan membantu mengatasi masalah ini.

http://jellygamatqncindonesia.web.id

Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Phuong Tran sumber:

  • http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hiccups/home/ovc-20320112
  • http://www.emedicinehealth.com/hiccups/article_em.htm
Categories: kesehatan

Admin

jellygamatqncindonesia.web.id adalah situs kesehatan dan pengobatan alternatif qnc jelly gamat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *